SUKSES 10.000 jam sajaa…….

man-success-signBanyak orang bertanya, bagaimana seseorang dapat sukses dalam suatu bidang di usia muda?  Apa rahasia di balik kesuksesan mereka?  Benar, bahwa banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi sukses, seperti misalnya kesempatan, lingkungan, sumber daya dan koneksi.  Tetapi dari semua itu, apa sebenarnya kunci utamanya?

Penasaran akan hal tersebut beberapa pihak telah berusaha melakukan penelitian. Dan salah satuya yang melakukan penelitian mengenai hal ini adalah MALCOLM GLADWELL, yang kemudian menuliskannya dalam buku terbarunya “OUTLIERS”.  Dari hasil penelitiannya ada temuan yang menarik , yaitu apa yang dia sebut sebagai “Kaidah 10.000 jam”. Gladwell berargumentasi, berdasarkan temuan empiriknya, bahwa penguasaan dalam suatu bidang merupakan kunci utama dari kesuksesan, dan penguasaan (mastering) tersebut hanya bisa diperoleh oleh seseorang jika telah melakukan latihan dan latihan minimal 10.000 jam.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tingkat intelegensia yang tinggi tidaklah cukup menjadikan seseorang menjadi seorang ahli di bidangnya.  Tetap akan dibutuhkan waktu sekitar 10.000 jam sebelum dia menjadi seorang ahli.  Untuk mendukung hal tersebut dia telah meneliti beberapa pesohor dunia yang telah sukses di bidangnya masing-masing.  Pesohor yang dijadikan contohnya banyak, termasuk di dalamnya adalah Bill Gates, orang terkaya di dunia karena kesuksesannya mengembangkan perusahaan perangkat lunak, Bill Joy, pendiri SUN MICROSYSTEM, dan the BEATLES , yang sukses menjadi band legendaris di mana lagu-lagunya disukai oleh banyak orang dengan berbagai usia.

Dari hasil penelusurannya dijumpai bahwa Bill Gates sebelum memulai mendirikan perusahaannya pada usia 20-an memang telah menguasai atau telah menjadi ahli di bidang pemrograman komputer (teknik membuat software).  Dan keahliannya dia peroleh dengan cara meluangkan waktunya terus menerus sejak SMP untuk bergelut di bidang pemrograman. Diceritakan bahwa Bill Gates memanfaatkan sistem komputer yang dimiliki di sekolah menengahnya untuk berlatih tanpa mengenal waktu, begitu juga saat di perguruan tinggi.  Jika dihitung secara kuantitatif, dikatakan oleh Gladwell bahwa Bill Gates telah meluangkan waktunya sekitar 10.000 jam untuk menguasai bidang pembuatan software.  Begitu juga yang telah dilakukan oleh Bill Joy.  Hal yang sama berlaku pada kelompok band the BEATLES.

Dari hasil penelusurannya diperoleh kenyataan bahwa sebelum dia sukses menciptakan lagu-lagunya yang terkenal itu, para pemain the BEATLES telah berlatih atan memainkan bandnya dalam suatu studio yang tidak begitu terkenal selama kurang lebih 10.000 jam.  Mungkin pembaca bertanya, lantas apa artinya hal ini bagi kita semua?  Yang ingin saya kemukan di sini adalah bahwa latihan atau “practicing” merupakan suatu keharusan untuk dapat menguasai suatu bidang.  Rasanya menjadi mustahil bagi seseorang, sepintar apapun dia, untuk dapat menguasai keahlian suatu bidang tanpa adanya latihan yang sungguh-sungguh dan berulang-ulang.

– Sumber: Kumon Pulo Laut Bandung (dengan sedikit pengurangan)-

One response to “SUKSES 10.000 jam sajaa…….

  1. very good article tells the steps to success. We will achieve success if we fill our lives with activities that we stepped on the success

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s